Businesss Requirement Document_proyek perpustakaan

 

Business Requirement Document

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Proyek Perpustakaan Polibest

 

DIBUAT OLEH: Nurani Cahyaning Ma’rifa

 

 

 

 

 

 

 

PRODI BISNIS DIGITAL

POLITEKNIK BHAKTI SEMESTA

SALATIGA


Persetujuan

Dibuat Oleh:

Nama

Title

Tanda Tangan

Tanggal

 

 

 

 

Direview Oleh:

Nama

Title

Tanda Tangan

Tanggal

 

 

 

 

Disetujui Oleh:

Nama

Title

Tanda Tangan

Tanggal

 

 

 

 

 


 

Daftar Isi

1         Deskripsi proyek………………………………………………………….

2         Lingkup Proyek…………………………………………………………..

3         Kebutuhan Fungsional…………………………………………………...

3.1     Spesifikasi Kebutuhan…………………………………………………

3.2     Use Case Diagram……………………………………………………..

3.3     Entity Relationship Diagram (ERD) …………………………………..

4         Kebutuhan Non Fungsional……………………………………………...

5         Biaya……………………………………………………………………....

6         Tim………………………………………………………………………...

7         Penjadwalan………………………………………………………………

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1         Deskripsi proyek

 

Proyek aplikasi perpustakaan ini merupakan sebuah software yang berfungsi untuk mendata dan mengelola member pada saat peminjaman atau pengembalian buku di perpustakaan Politeknik Bhakti Semesta. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini akan memudahkan pengelola perpustakaan dalam mendata mahasiswa peminjaman atau mengembalikan buku sesuai aturannya. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan teknologi web dengan bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS dan database MySQL.

 

 

2         Lingkup Proyek

 

Lingkup proyek ini terdiri dari desain layout aplikasi dan fitur aplikasi.

Untuk desain layout terdiri dari:

a.       Tampilan login dan registrasi

b.       Tampilan dasboard dan menu

Sedangkan untuk fitur aplikasi terdiridari:

a.       Fitur tampilan login dan registrasi

b.       Fitur Create Read Update Delete (CRUD) data mahasiswa

 

3         Kebutuhan Fungsional

3.1     Spesifikasi Kebutuhan

 

Proyek Perpustakaan Polibest ini menggunakan teknologi web yang dapat diakses melalui browser pada komputer / laptop maupun browser pada mobile / HP. Admin atau petugas perpustakaan dapat mengakses dan mengelola data mahasiswa secara penuh (full access). Fitur utama yang dapat dikelola adalah

a.       Manajemen user login

b.       Manajemen data mahasiswa

c.       Manajemen data peminjam dan pengembalian buku

 

3.2     Use Case Diagram

 








 

Gambar diatas merupakan Use Case Diagram pada Proyek Data Siswa yang penjelasannya sebagai berikut:

 

a.       Use case ini terdiri dari 2 aktor yang berinteraksi dengan satu sistem

b.       User 1/petugas perpustakaan, merupakan actor/orang yang dapat mengakses sistem aplikasi data mahasiswa/i mulai dari login dan melakukan aksi terhadap data siswa, serta status peminjaman buku perpustakaan. Sedangkan user 2/mahasiswa, hanya dapat mengakses ketika melakukan register dan melakukan peminjaman buku.

c.       Register, untuk mahasiswa jika belum memiliki akun, bisa melakukan register terlebih dahulu untuk membuat akun.

d.       Jika sudah registrasi, petugas perpus akan melakukan validasi data, jika data valid maka petugas perpus akan memasukkan user tersebut sebagai anggota perpus dengan memberikan no_anggota dan masa_berlaku keanggotaan.

e.       Login, setelah mendapatkan akun, mahasiswa harus melakukan login agar dapat mengakses fitur lain yang ada dalam sistem, dalam hal ini adalah fitur peminjaman buku.

f.        Mahasiswa dapat meminjam buku maksimal 7 hari, jika terjadi keterlambatan akan dikenakan denda.

g.       Detil buku yang dipinjam minimal berisi judul buku, jenis buku, penerbit, pengarang, serta tahun terbit.

 

3.3     Entity Relationship Diagram (ERD)

 


Pada ERD diatas menjelaskan terdapat entitas, atribut dan proses yang berlangsung.

1.      Entitas user mempunyai atribut id, username dan password

2.      Proses login mempunyai atribut username dan password

3.      Entitas siswa mempunyai atribut id, nis, nama_mahasiswa, jenis_kelamin, foto_siswa dan alamat

 

 

4         Kebutuhan Non Fungsional

Untuk kebutuhan non fungsional ada beberapa kriteria:

a.    Bisa digunakan pada berbagai macam browser

b.    Tampilan user friendly dan responsif

c.     Keamanan yang terjamin dengan enkripsi password

d.    Mudah digunakan

e.    Bisa digunakan kapan dan dimana saja (terkoneksi internet)

 

 

5         Biaya

Untuk biaya terdiri dari beberapa komponen

·         Analisa dan Pembuatan Business Requirement Document         : Rp.200.000

·         Pembuatan Desain dan Layout Web                                            : Rp.300.000

·         Pembuatan Modul Login dan Siswa                                            : Rp.500.000

·         Testing dan Deployment Aplikasi                                                : Rp.300.000 Total                                                                                                           Rp1.300.000

 

6         Tim

Proyek ini dikerjakan oleh tim dengan peranan sebagai berikut:

 

 • Nama mahasiswa 1 sebagai Project Manager yang bertugas menganalisa dan membuat Business Requirement Document

• Nama mahasiswa 2 sebagai Web Designer yang bertugas membuat desain dan layout web

• Nama mahasiswa 3 sebagai Programmer yang bertugas membuat aplikasi berbasis web

• Nama mahasiswa 4 sebagai Tester yang bertugas melakukan testing/pengujian terhadap aplikasi

• Nama mahasiswa 5 sebagai Network Administrator yang bertugas deployment aplikasi ke server

 

7         Penjadwalan

Proyek Data Siswa ini di perkirakan membutuhkan waktu sekitar 1 bulan dengan timeline sebagai berikut:

Komponen

Pekan 1

Pekan 2

Pekan 3

Pekan 4

Pembuatan BRD

 

 

 

 

Desain & Layout

 

 

 

 

Development

 

 

 

 

Testing & Deployment

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Operator Pembanding MongoDB

BRD, Mock Up, Desain data base Sebuah Aplikasi Kasir Kafe di Salatiga

UTS